Kesehatan

Pernah Mendengar tentang Saraf Vagus? Inilah Mengapa Ini adalah Kunci untuk Mengelola Stres & Kecemasan

6views

Dalam masyarakat kita yang serba cepat, hampir tidak mungkin untuk tidak membawa beberapa tingkat stres. Bahkan jika Anda melakukan  latihan pernapasan , menyeruput teh meditatif, dan membuat jurnal pagi dan menjalani hari Anda seperti dewi yang terorganisir, stres dapat berjingkat-jingkat masuk. Jika Anda mencari cara untuk naik level, tidak hanya manajemen stres Anda , tetapi ketahanan stres Anda , saraf vagus ada di sini untuk membantu. Tapi apa sebenarnya saraf vagus itu?

Vagus berarti “berkeliaran” dalam bahasa Latin, dan seperti namanya menunjukkan saraf berkelok-kelok di sekitar dada dan perut Anda, menghubungkan ke sebagian besar organ inti Anda. Tapi mengapa itu penting dan apa hubungannya dengan stres?

Kami mengobrol dengan ahli sistem saraf vagus, Dr. Stephanie Canestraro dari Klinik Vagus , untuk mempelajari seluk beluk komponen terbesar dari sistem saraf parasimpatis dan untuk memahami bagaimana hal itu mempengaruhi kesehatan kita. Riwayat medis yang membuat frustrasi mendorongnya untuk berinovasi di lapangan dan membantu orang lain, yang pada gilirannya membawanya ke kedokteran fungsional. Setelah memahami pentingnya saraf vagus, Dr. Canestraro mendirikan kliniknya untuk fokus pada kesehatan usus dan vagal (dua fondasi yang membantunya mempertahankan kesehatannya sendiri.) Dengan latar belakang kedokteran fungsional, chiropraktik, dan akupunktur, Dr. Canestraro sekarang memanfaatkan keahliannya untuk merawat kliennya.

Gulir terus saat Dr. Canestraro memandu kita melalui segala hal mulai dari apa itu saraf vagus hingga apa yang dilakukannya dan bagaimana meningkatkan nada vagal Anda dapat secara efektif mengelola stres.

Apa itu Saraf Vagus?

Saraf vagus adalah saraf kranial kesepuluh (CNX) Anda. Ini dikenal sebagai “saraf pengembara” karena merupakan saraf parasimpatis terpanjang di tubuh.

Dibutuhkan memimpin di hampir setiap fungsi otonom dalam tubuh. Ini merangsang sisi “istirahat dan cerna” dari sistem saraf kita, sebagai lawan dari sisi “lawan atau lari” yang simpatik.

Saraf vagus memiliki dua cabang: saraf ventral dan saraf dorsal, yang mendapatkan namanya karena dari mana mereka berasal dari batang otak. Cabang vagal anterior menginervasi organ-organ di atas diafragma, jantung dan paru-paru, bagian belakang langit-langit lunak, beberapa kulit di atas telinga Anda, dan banyak lagi. Cabang dorsal terutama menginervasi organ-organ di bawah diafragma, termasuk ginjal, hati, kantong empedu, dan usus, sampai ke kolon transversum.

Peran saraf vagus dan fungsi yang diaturnya:

Saraf vagus menghubungkan batang otak ke tubuh. Ini memungkinkan otak untuk memantau dan menerima informasi tentang beberapa fungsi tubuh yang berbeda.

Ini memiliki sejumlah fungsi yang berbeda, termasuk:

  1. Memasok informasi sensorik untuk tenggorokan, telinga, jantung, paru-paru, dan sebagian besar saluran pencernaan.
  2. Memberikan sensasi rasa di belakang lidah.
  3. Menyediakan fungsi gerakan dan refleks untuk otot-otot di leher yang bertanggung jawab untuk menelan, bersin, dan berbicara.
  4. Fungsi parasimpatisnya meliputi tanggung jawab untuk saluran pencernaan, pernapasan, dan detak jantung.

Seiring waktu, apa efek stres dan sistem saraf yang tidak diatur pada tubuh kita?

Stres dan sistem saraf yang tidak diatur menurunkan sistem kekebalan Anda, yang bertanggung jawab untuk mempertahankan tubuh Anda dari penyakit dan infeksi. Stimulasi kronis pada sistem kekebalan Anda karena stres, menyebabkan sistem itu menjadi tertekan secara keseluruhan, dan dengan demikian menjadi kurang efektif dalam menangkal penyakit dan infeksi.

Dalam beberapa kasus, stres menyebabkan kondisi yang ada memburuk, dan dalam kasus lain, stres dan sistem saraf yang tidak teratur dapat menjadi faktor utama dalam menciptakan kerentanan untuk mengembangkan kondisi baru.

Bagaimana kesehatan vagal memengaruhi kesehatan Anda secara keseluruhan?

Saraf vagus bertindak seperti jalan raya informasi langsung ke otak Anda, dan ketika saraf vagus tidak bekerja dengan baik, itu disebut “nada vagal rendah”.

Nada vagal yang rendah dikaitkan dengan banyak gejala dan masalah, seperti IBS, rheumatoid arthritis, kecemasan, serangan panik, dan variabilitas detak jantung yang buruk. Karena itu memengaruhi pernapasan, fungsi pencernaan, dan detak jantung Anda, itu juga dapat berdampak besar pada kesehatan mental Anda.

Yang benar-benar perlu Anda perhatikan adalah “nada” saraf vagus Anda. Nada vagus adalah proses biologis internal yang mewakili aktivitas saraf vagus. Meningkatkan nada vagal Anda mengaktifkan sistem saraf parasimpatis, dan memiliki nada vagal yang lebih tinggi berarti bahwa tubuh Anda dapat rileks lebih cepat setelah stres.

Semakin Anda meningkatkan nada vagal Anda, semakin kesehatan fisik dan mental Anda akan meningkat.

Metode untuk mengaktifkan dan mengencangkan saraf vagus:

1. Paparan dingin  — Coba selesaikan mandi pagi Anda dengan setidaknya 30 detik air dingin. Biarkan air dingin dari pancuran Anda mengalir ke area sensitif tubuh Anda, seperti bagian belakang leher Anda. Ambil napas diafragma dalam-dalam saat Anda membiarkan air membasahi Anda. Tingkatkan waktu pemaparan Anda secara bertahap. Jika ini terlalu banyak, mulailah dengan memercikkan air dingin ke wajah Anda.

2. Bernapas dalam – Tarik napas perlahan sebanyak yang Anda bisa melalui hidung. Ketika Anda merasa paru-paru Anda penuh, tarik napas sedikit lagi. Tahan napas selama lima detik, lalu hembuskan perlahan selama tujuh detik melalui bibir yang mengerucut seperti sedang bersiul. Lakukan ini setidaknya 10 kali berturut-turut. Anda ingin menarik napas menggunakan diagram Anda. Ketika Anda melakukan ini, perut Anda harus mengembang ke depan sementara tulang rusuk Anda mengembang ke luar.

3. Bersenandung dan berkumur  — Bernyanyi, bersenandung, dan berkumur adalah cara yang bagus untuk merangsang bagian saraf vagus karena terhubung ke pita suara dan otot di bagian belakang tenggorokan. Sepanjang hari, bersenandunglah dengan lagu favorit Anda. Di pagi dan sore hari, berkumurlah dengan air. Ambil seteguk air di mulut Anda, miringkan kepala ke belakang dan kumur selama 30 detik.

4. Refleks muntah – Saraf vagus bertanggung jawab atas refleks muntah Anda. Jika Anda tidak memiliki refleks muntah, ini adalah tanda nada vagal rendah. Gunakan penekan lidah atau ujung sikat gigi Anda untuk merangsang bagian belakang tenggorokan Anda dan menimbulkan refleks muntah. Anda bisa melakukannya setiap hari setelah menyikat gigi.

5.  Akupunktur — Saraf vagus menginervasi tragus, daun telinga, dan kulit di saluran dalam telinga Anda. Anda juga dapat mengetuk tusuk gigi di atas area ini, dan ini dapat merangsang saraf vagus Anda.

6. Menggelitik wajah dan pijat leher/kulit kepala — Ini mempengaruhi saraf yang keluar dari area otak yang sama dengan yang dipersarafi oleh saraf vagus. Area-area ini ketika dirangsang, menyebabkan relaksasi dan meningkatkan nada vagal!

Ada latihan lain yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan nada vagal Anda, dan Anda dapat menemukan informasi lebih lanjut di situs The Vagus Clinic .

Gabungkan peningkatan nada vagal Anda ke dalam setiap hari Anda:

Latihan yang disebutkan di atas dapat dimasukkan ke dalam jadwal harian Anda, sehingga pada saat stres, nada vagal Anda akan lebih kuat, dan Anda akan menemukan bahwa Anda dapat menangani stres dengan lebih baik dan rileks lebih cepat. Memanfaatkan pernapasan dalam dan meditasi saat berada dalam masa-masa stres akan meningkatkan perasaan niat baik terhadap diri sendiri, dan akan membantu mengurangi aktivitas simpatik “lawan atau lari” yang mungkin Anda lakukan.

Leave a Response