Kesehatan

Seorang Ahli Nutrisi Berbagi 12 Makanan untuk Membantu Rambut Anda Tumbuh Lebih Panjang, Lebih Tebal, Lebih Berkilau

21views

Sama seperti makanan dapat berdampak positif pada kulit Anda , konsep yang sama berlaku untuk kesehatan rambut. Dengan kata lain, makanan tertentu dapat mendukung luminositas, kekuatan, dan ketebalan rambut Anda ( haleluya. ) Sebagai seseorang yang telah mengatasi masalah rambut selama bertahun-tahun ( berkat ketidakseimbangan hormon yang mengganggu )  Saya orang pertama yang mengakui bahwa rambut rontok adalah keduanya sangat membuat frustrasi dan sama-sama menghancurkan jiwa. Itu merusak kepercayaan diri Anda, tidak diragukan lagi. Ironisnya, kerontokan rambut sangat umum terjadi. Faktanya, diperkirakan sekitar 50% wanitaakan mengalami kerontokan rambut yang nyata selama hidup mereka. Penyebab paling signifikan kerontokan rambut pada wanita disebut kerontokan rambut pola wanita (atau FPHL), yang mempengaruhi sekitar sepertiga wanita yang rentan. Kerontokan rambut pascamelahirkan juga memainkan peran besar. Jadi, saya melakukan banyak penelitian untuk menemukan makanan terbaik untuk pertumbuhan rambut. 

Tapi Pertama, Apa Penyebab Rambut Rontok pada Wanita?

Intinya, berbagai kondisi dapat menyebabkan kerontokan rambut. Dari kecenderungan genetik hingga kehamilan, gangguan tiroid, menopause, dan anemia, kerontokan rambut memiliki banyak segi. 

Penyebab paling umum dari kerontokan rambut? Kondisi turun-temurun yang terjadi seiring bertambahnya usia. Kondisi ini berkontribusi terhadap FPHL tersebut di atas. Biasanya terjadi secara bertahap dan dalam pola yang dapat diprediksi. Dalam hal kerontokan rambut sementara, perubahan hormonal dan diagnosis medis dapat menyebabkan kerontokan rambut yang tidak merata, infeksi kulit kepala, dan banyak lagi. Selanjutnya, peristiwa stres akut dapat menyebabkan penipisan rambut secara umum, beberapa bulan setelah kejutan fisik atau emosional. Biasanya, jenis kerontokan rambut ini bersifat sementara. Akhirnya, beberapa gaya rambut dan perawatan, sayangnya, dapat menyebabkan kerontokan rambut. Jenis kerontokan rambut ini (seperti penarikan rambut yang ketat) disebut traksi alopecia.

Tiga Siklus Pertumbuhan Rambut

Sepanjang hidup kita, rambut kita tumbuh dalam tiga siklus : 

  • Fase anagen (fase tumbuh): Ini dapat berlangsung dari dua hingga delapan tahun. Fase ini umumnya mengacu pada sekitar 85 hingga 90% rambut di kepala Anda.
  • Fase catagen (fase transisi): Ini memenuhi syarat waktu ketika folikel rambut menyusut. Dibutuhkan sekitar dua hingga tiga minggu.
  • Fase Telogen (fase istirahat): Ini memakan waktu sekitar dua hingga empat bulan. Pada akhir fase ini, rambut rontok.

Untuk rambut yang lebih pendek, seperti bulu mata dan alis, biasanya memiliki fase anagen yang pendek—sekitar satu bulan. Rambut kulit kepala, bagaimanapun, bisa bertahan hingga enam tahun atau lebih.

Bagaimana Gaya Hidup Mempengaruhi Rambut Rontok

Selain bersikap lembut pada rambut (hindari menarik-narik saat menyikat, gunakan sisir bergigi lebar, batasi ketegangan dengan kepang, dan coba hindari perawatan yang kasar), berbagai kebiasaan gaya hidup berdampak pada kerontokan dan pertumbuhan rambut. Di luar genetika dan penuaan, yang memiliki pengaruh terhadap pertumbuhan rambut, faktor lingkungan, stres, dan nutrisi berdampak pada kesehatan dan kebugaran rambut.

Stresor lingkungan mencakup berbagai faktor, seperti paparan racun, polusi, dan merokok. Semua ini bisa berbahaya bagi folikel rambut. Lingkungan dengan polusi tinggi dapat menyebabkan gatal, ketombe, kulit kepala berminyak, dan banyak lagi. Dari menggunakan kondisioner dalam hingga mengenakan topi di luar ruangan, semakin banyak rambut Anda ternutrisi dan terlindungi, semakin baik. 

Stres, meskipun terkadang tidak dapat dihindari, adalah komponen lain dari kerontokan rambut. Stres akut atau kronis mendorong kelompok besar folikel rambut ke fase istirahat, yang dapat menyebabkan rambut yang terkena rontok beberapa bulan setelah peristiwa stres. Kami mengumpulkan produk penghilang stres terbaik untuk Anda, dalam upaya untuk mencegah kerontokan rambut.

Terakhir, nutrisi. Mengkonsumsi protein yang cukup, minum banyak air yang disaring, dan mengonsumsi makanan kaya zat besi dan seng semuanya dapat berkontribusi pada rambut yang sehat dan kuat. Vitamin B juga sangat penting. Pikirkan: Sayuran berdaun gelap, biji-bijian, protein hewani yang dibesarkan di padang rumput, dan lemak sehat —seperti zaitun, kacang-kacangan, biji-bijian, dan alpukat. Ini semua membantu mencegah kekurangan yang pada akhirnya dapat bermanifestasi sebagai rambut rontok.

Makan makanan yang seimbang dapat membantu meningkatkan pertumbuhan rambut, terutama jika Anda merasa mengalami kerontokan rambut karena nutrisi yang tidak memadai.

12 Makanan untuk Pertumbuhan Rambut

Bagi banyak dari kita, tubuh kita memerlukan diet tinggi makanan nabati, serat, antioksidan, asam lemak omega-3, dan protein berkualitas tinggi untuk pertumbuhan rambut yang optimal. Dengan kata lain, memakan pelangi . Mengkonsumsi 12 makanan ini, sebagai bagian dari diet bergizi, dapat membantu mendukung proses pertumbuhan rambut. Menang-menang, mereka juga berkontribusi pada blok bangunan untuk menghasilkan kulit dan kuku yang sehat.

  • Alpukat
  • Paprika
  • Kaldu tulang
  • Sayuran Salib
  • Telur
  • Yogurt Yunani
  • kacang-kacangan
  • Jeruk
  • Ikan salmon
  • Rumput laut
  • Bayam
  • Ubi

Alpukat

Di luar gerbang, lemak sehat sangat penting untuk kesehatan rambut. Faktanya, karena tubuh kita tidak dapat memproduksi asam lemak omega-3 sendiri, kita perlu mendapatkannya melalui makanan kita. Masukkan: Alpukat. Buah superfood ini memelihara folikel rambut dengan vitamin, mineral, dan lemak sehatnya. Mereka kaya akan vitamin E dan antioksidan, membantu merangsang rambut kuat, berkilau, dan berkilau. 

Paprika

Sebagai sumber vitamin C dan serat yang luar biasa, paprika memicu pertumbuhan rambut melalui peningkatan sirkulasi darah di kulit kepala. Sebagai anggota keluarga capsicum, paprika adalah sumber vitamin A, C, dan B6 yang sangat baik.

Kaldu tulang

Kaldu tulang organik dan kolagen (idealnya dari hewan yang dibesarkan di padang rumput dan diberi makan rumput) mendukung elastisitas dan kekuatan rambut. Kaldu tulang juga menyediakan blok bangunan untuk jaringan ikat untuk menahan segala sesuatu di tempatnya. Bersumber baik dan berkualitas tinggi, kaldu tulang dan kolagen adalah bahan yang bermanfaat untuk asam amino pembentuk rambut.

Sayuran Salib

Sayuran cruciferous —seperti brokoli, kubis Brussel, dan kembang kol — kaya akan folat, yang diperlukan untuk memperbaiki rambut yang lemah, menipis, atau rapuh. Sayuran cruciferous juga membantu dalam produksi alami keratin, karena mengandung asam amino yang kaya sulfur. Asam amino ini adalah subkelompok penting yang membangun keratin. Keratin, dalam banyak hal, merupakan protein struktural pelindung eksternal dan internal untuk melindungi rambut dan membuatnya tetap sehat.

Telur

Karena rambut kita terdiri dari protein, makanan seperti telur yang dibesarkan di padang rumput, ikan tangkapan liar, ayam organik, dll. sangat penting untuk pertumbuhan dan kesehatan rambut. Telur juga merupakan sumber biotin yang mudah, bahan yang ditemukan di banyak suplemen rambut. Selanjutnya, kuning telur mungkin berguna dalam melembabkan rambut yang tampak kering.

Yogurt Yunani

Seperti telur, yogurt Yunani tinggi protein dan vitamin serta mineral penting, seperti seng. Selain kandungan proteinnya, Greek yogurt juga memiliki kandungan yang membantu melancarkan aliran darah ke kulit kepala. Vitamin B5 (dikenal sebagai asam pantotenat) telah terbukti membantu melawan penipisan dan kerontokan rambut. Untuk meningkatkan mangkuk yogurt Yunani normal Anda, tambahkan asam lemak omega-3 seperti chia dan biji rami tanah.

kacang-kacangan

Dari keluarga kacang-kacangan, lentil kaya akan vitamin penguat rambut seperti zat besi, seng, dan biotin. Biotin diperlukan untuk produksi keratin, yang merupakan komponen dasar rambut, kulit, dan kuku. Lentil dan kacang-kacangan juga merupakan sumber protein yang sehat dan nyaman bagi pemakan nabati.

Jeruk

Jeruk, seperti buah jeruk lainnya, kaya akan antioksidan, memainkan peran utama dalam memfasilitasi pertumbuhan rambut. Antioksidan melawan radikal bebas, mencegah kerusakan rambut dan meningkatkan pertumbuhan rambut. Jeruk juga mengandung serat, vitamin B, dan vitamin E —semuanya membantu memperbaiki folikel rambut yang rusak.

Ikan salmon

Ikan yang bergizi—seperti salmon dan makarel—merupakan sumber yang kaya akan asam lemak omega-3. Senyawa mereka membantu dalam luminositas dan pertumbuhan rambut, berkat lemak sehat, protein, dan vitamin B mereka. Intinya, ikan berminyak ini dapat membantu mengembalikan kilau rambut dan sangat penting untuk mempertahankan kulit kepala yang sehat.

Rumput laut

Sumber yodium yang sangat baik, bantuan rumput laut dalam mendukung tiroid yang sehat, yang pada gilirannya penting untuk kesehatan rambut secara keseluruhan. Selanjutnya, makan rumput laut membantu meningkatkan hidrasi kulit kepala, yang memperbaiki kondisi rambut kering. Last but not least, itu meningkatkan mineralisasi rambut, yang dapat menyebabkan rambut lebih tebal.

Bayam

Sayuran berdaun hijau adalah salah satu kelompok makanan terbaik untuk pertumbuhan rambut. Bayam, bersama dengan kangkung dan arugula, kaya akan antioksidan, yang membantu menangkal radikal bebas (ini dapat merusak pasokan kolagen alami kulit kepala). Bayam juga kaya akan vitamin A dan C, antioksidan yang mengatur pergantian sel dan produksi minyak.

Ubi

Ubi jalar kaya akan beta-karoten, prekursor vitamin A. Vitamin A diperlukan untuk kesehatan kulit kepala dan meningkatkan pertumbuhan rambut. Sebagai prebiotik, ubi jalar juga mendukung kesehatan usus, dan penelitian menunjukkan bahwa mikrobioma usus yang sehat mendukung produksi nutrisi yang dibutuhkan untuk menumbuhkan rambut. Last but not least, ubi jalar juga tinggi vitamin C, antioksidan yang meningkatkan kesehatan kulit.

Leave a Response