Kesehatan

Serat, Protein, Antioksidan… Mari Bicara Tentang Banyak Manfaat Kesehatan dari Jamur

20views

Jamur—Anda menyukainya atau membencinya. Kami adalah rumah yang terbagi (saya suka mereka), jadi saya sering memasukkan mereka ke dalam makan malam kami karena ada begitu banyak manfaat kesehatan dari jamur. Senjata rahasiaku? Pengolah makanan. Memadukan jamur dengan rempah-rempah dan garam bekerja dengan sangat baik. Kemudian saya menambahkan pasta ke burger buatan sendiri dan saus pasta , yang menutupi apa yang menurut sebagian orang teksturnya kenyal dan rasa hambar. Kalau tidak, saya membuat resep jamur anti-bodoh ini: iris tipis jamur kancing putih, masukkan ke dalam wajan dengan mentega, dan tumis sampai kecoklatan. Tambahkan thyme segar. Tuangkan anggur masak pekat (seperti sherry) dan kecap asin ke dalam wajan dengan murah hati. Biarkan cairan berkurang. Taburi dengan garam laut, dan et voila—mungkin saya bisa meyakinkan Anda untuk makan jamur.

Meskipun saya tidak di sini untuk mengubah Anda menjadi pecinta jamur, manfaat kesehatan berbicara sendiri. Bahkan mengonsumsinya sesering mungkin bermanfaat. Mereka dikemas dengan banyak vitamin dan mineral penting, bersama dengan serat, protein, dan antioksidan. Jamur telah lama dikenal sebagai bagian sehat dari diet apa pun, membantu mengurangi risiko berbagai kondisi kesehatan. Jadi, izinkan saya menjelaskan…

Apa Itu Jamur?

Meskipun jamur diklasifikasikan sebagai sayuran, mereka secara teknis bukan tanaman. Mereka adalah bagian dari kerajaan yang disebut jamur. Jamur adalah jenis jamur yang memiliki bentuk “seperti tumbuhan” dengan batang, tudung, dan dinding sel. Jika Anda menganggapnya seperti tanaman, mereka mirip dengan buah tanaman. Alih-alih menghasilkan biji, jamur menghasilkan jutaan spora mikroskopis di bawah tutupnya (di insang). Keindahan jamur adalah mereka datang dalam berbagai bentuk, ukuran, warna, dan tekstur. Manfaat kesehatan jamur  sangat kuat  dan untuk keperluan memasak, jamur dikelompokkan ke dalam kategori sayuran, menambah rasa di banyak masakan global.

Fungsional Vs. jamur kuliner

Kami tidak menyelam ke dalam varietas halusinogen hari ini, tetapi ada perbedaan antara jamur fungsional dan kuliner. Meskipun semua jamur berfungsi, ada beberapa jenis jamur yang dipuji karena efek obatnya. Jamur obat, juga dikenal sebagai jamur fungsional atau jamur adaptogenik , memiliki potensi untuk mendukung kesehatan kita dengan cara yang lebih signifikan daripada portobello tradisional Anda.

Jamur adaptogenik dapat membantu mengurangi efek stres pada tubuh Anda. Secara harfiah, mereka beradaptasi dengan kebutuhan tubuh Anda. Intinya, mereka bekerja untuk mengembalikan tubuh Anda ke homeostasis. Dari meningkatkan fungsi kognitif hingga mendukung sistem kekebalan, jamur seperti reishi, chaga, cordyceps, dan surai singa membuat gelombang di industri kesehatan. Faktanya, pasar jamur fungsional diperkirakan mencapai lebih dari setengah triliun dolar pada tahun 2028. 

Yang mengatakan, mereka tidak baru. Tradisi pengobatan Asia Timur telah memahami manfaat kesehatan dari jamur dan menggunakan jamur fungsional selama ratusan tahun. Saat mereka terus mendapatkan popularitas, Anda dapat menemukan adaptogen berkualitas tinggi yang ditambahkan ke kopi, bubuk protein, tincture, dan banyak lagi. Ada begitu banyak cara untuk menambahkan jamur fungsional ke rutinitas harian Anda. 

Apakah Jamur Beracun?

Pernah melihat jamur liar tumbuh di halaman belakang rumah Anda? Saya juga. Kemungkinan besar, mereka beracun. Hanya sekitar 3% dari varietas jamur yang diketahui beracun, tetapi beberapa jamur liar mengandung logam berat tingkat tinggi dan bahan kimia berbahaya lainnya. Dan meskipun jamur liar bisa terasa lezat , racun dalam beberapa jamur dapat memicu masalah kesehatan yang fatal —tetapi jarang terjadi . Seperti, gagal hati . Di lain waktu, gejala keracunan jamur dapat menyebabkan ketidaknyamanan pencernaan. Selama Anda mengonsumsi jamur dari sumber yang dapat dipercaya (toko kelontong, pasar petani, restoran, dll.), tidak ada alasan untuk khawatir . 

Manfaat Nutrisi Makan Jamur

Secara alami bebas lemak, rendah sodium, dan bebas kolesterol, jamur dikemas dengan mikronutrien: Serat, vitamin, dan mineral. Sementara manfaat kesehatan jamur dan nilai gizi bervariasi tergantung pada jenis jamur yang Anda makan, mereka adalah sumber antioksidan, vitamin B (riboflavin, niacin, dll.), tembaga, kalium, vitamin D, dan selenium yang substansial. . Ada penelitian yang membuktikan bahwa mengonsumsi jamur dapat berdampak positif bagi kesehatan kita. 

Jamur untuk Kesehatan Jantung

Misalnya, serat, potasium, dan vitamin C dalam jamur dapat berkontribusi pada kesehatan jantung . Kalium juga dapat membantu mengatur tekanan darah karena mengurangi ketegangan di pembuluh darah. Selain itu, jamur mengandung beta glukan , suatu bentuk serat makanan larut. Ini sangat terkait dengan peningkatan kolesterol dan meningkatkan kesehatan jantung. Ini juga dapat membantu tubuh Anda mengatur gula darah, mengurangi risiko diabetes tipe 2. Dari semua jamur tradisional, jamur tiram dan jamur shiitake diyakini memiliki beta glukan paling efektif.

Jamur untuk Anti Penuaan

Menurut tim peneliti di Penn State, jamur mungkin memiliki potensi anti-penuaan. Karena mengandung jumlah antioksidan yang luar biasa tinggi (yaitu selenium), data menunjukkan bahwa jamur mampu menetralisir radikal bebas. Dan radikal bebas menyebabkan berbagai kondisi kesehatan, seperti penyakit jantung dan kanker. Karena mereka penuh dengan antioksidan, mereka mungkin memiliki potensi anti-penuaan. Plus, semua antioksidan ini membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 

Jamur untuk Fungsi Otak

“ Studi yang dilakukan oleh banyak peneliti serta studi yang sedang berlangsung menunjukkan bahwa jamur terpilih memang memiliki sifat neurotropik yang dapat bermanfaat bagi manusia. Konsumsi secara teratur dapat meningkatkan kesehatan saraf dan otak. Ini sangat berguna selama cedera (seperti dalam kecelakaan) atau seiring bertambahnya usia” ( Pusat Informasi Bioteknologi Nasional ).

Selama berabad-abad, jamur telah digunakan untuk tujuan pengobatan untuk meningkatkan fungsi kognitif. Jamur untuk kesehatan otak termasuk kemungkinan melawan berbagai jenis penyakit, termasuk kecemasan, depresi, dan Alzheimer. Dalam hal meningkatkan kesehatan otak, khususnya, tiga jamur obat membantu: Cordyceps, reishi, dan surai singa.

Jamur untuk Kekuatan Tulang

Karena vitamin D sangat penting untuk kesehatan tulang dan otot yang baik, jamur berkorelasi dengan tulang yang kuat. Faktanya, para peneliti dari Fakultas Kedokteran Universitas Boston telah menemukan bahwa makan jamur yang mengandung vitamin D2 sama efektifnya dalam meningkatkan dan mempertahankan kadar vitamin D seperti halnya mengonsumsi suplemen vitamin D2 atau vitamin D3. Intinya, vitamin D membantu membangun dan memelihara tulang yang kuat dengan membantu tubuh menyerap kalsium.

Jenis jamur

Di seluruh dunia, ada lebih dari 10.000 spesies jamur. Menariknya, ahli mikologi menduga bahwa ini hanya sebagian kecil dari apa yang ada di luar sana! Yang mengatakan, t dia jenis yang paling umum adalah:

  • Portobello
  • Shiitake
  • penjahat
  • tiram
  • Enoki
  • Truffle
  • babi
  • Maitake

Mereka masing-masing memiliki tampilan dan rasa yang unik , bersama dengan lokasi tertentu di mana mereka (secara alami) tumbuh. Misalnya, shiitake sangat populer di masakan Asia, dengan rasa kuat yang berasal dari masakan tumis. Porcini, di sisi lain, memiliki rasa pedas dan bersahaja yang sangat cocok untuk hidangan pasta. Jamur berwarna merah ini tumbuh terutama di Eropa, dan menemukan babi kering jauh lebih mudah daripada menemukannya segar.

Cara Makan Jamur

Ada banyak cara untuk makan jamur, dan ada banyak resep jamur di internet. Jamur diakui oleh koki global karena kemampuannya menciptakan rasa kaya gurih (umami), berkat adanya asam amino yang disebut glutamat. Dari memanggang hingga memanggang , langit adalah batasnya.

Cara Membersihkan Jamur yang Benar

Jadi, cara terbaik untuk membersihkan jamur adalah dengan handuk kertas atau waslap. Tidak perlu membilasnya atau merendamnya dalam air. Faktanya, kelembapan berlebih bukanlah tujuannya. Saat Anda menelusuri lorong toko bahan makanan, pastikan untuk mengambil jamur yang relatif keras, tidak lembab saat disentuh, dan tidak mengandung jamur.

6 Resep Jamur Lezat

Baik Anda sedang ingin hidangan pasta Italia, sup yang terinspirasi dari Jepang, atau burger vegetarian yang lezat, jamur sangat penting untuk mencapai umami yang hangat dan gurih (tanpa daging!). 

penjahat

Resep: Carbonara Jamur oleh Vinkalinka

Dengan beberapa bahan sederhana, semarakkan pasta carbonara tradisional Anda dengan jamur crimini (atau kancing) untuk makan malam yang ringan, cepat, dan lezat. 

Enoki

Resep: Jamur Enoki dengan Saus Bawang Putih dan Daun Bawang oleh The Woks of Life

Jamur enoki segar akhirnya berhasil menjadi mainstream di pasar AS/! Orang Cina menyebut orang Jepang bernama, jamur enoki, “jamur jarum emas,” dan resep ini menyoroti keserbagunaannya yang halus.

Truffle

Resep: Truffle and Mushroom Pappardelle by Planted.

Hidangan pasta yang lembut dan kaya — makanan yang sempurna untuk mengesankan (dengan sedikit usaha). Ini adalah makanan dekaden untuk kencan malam khusus di mana Anda ingin memamerkan keterampilan memasak Anda, tanpa benar-benar membutuhkan sebanyak itu.

tiram

Resep: Stroganoff Jamur Vegan oleh Secangkir Kale

Tidak bisa membuat susu? Cobalah stroganoff jamur vegan krim yang disajikan dengan nasi liar dan roti bawang putih. Anda tidak akan melewatkan keju (atau daging).

Portobello

Resep: Isi Jamur Portobello dengan Keju Kambing Crispy oleh A Beautiful Plate

Jamur portobello yang diisi dengan marinara, tumis bayam, dan medali keju kambing panko yang renyah membuat hidangan vegetarian yang lezat dan mudah.

Shiitake

Resep: Jamur Shiitake dengan Tahu dan Sayuran Asia oleh Wandering Wafflehands

Makanan tengah minggu yang sangat mudah dan penuh rasa. Jamur shiitake bersanding dengan tahu renyah, jahe segar, kecap, dan sambal oelek pedas.

Tahukah Anda tentang banyak manfaat kesehatan dari jamur? Apa resep favoritmu? Bagikan di bawah ini.

Leave a Response