Kesehatan

Kapan Waktu Terbaik untuk Minum Kopi? 3 Ahli Gizi Membagikan Deets

100views

Beberapa bulan yang lalu, saya mulai memperhatikan tren kesehatan di Instagram yang, sejujurnya, membuat saya terguncang. Teman-teman dan influencer bangun, menuju ke dapur mereka, dan—terengah-engah— tidak menuangkan secangkir kopi. Menariknya, mereka tidak mengabaikan kafein pagi mereka sama sekali, tetapi hanya menundanya ke jam berikutnya. Yang menimbulkan pertanyaan: Kapan minum kopi di siang hari?

Pencarian Google sepintas terbukti membingungkan, jadi untuk mengurangi stres (yaitu, kebetulan, apa yang bisa terjadi jika Anda minum kopi terlalu dini), saya menghubungi ahli gizi—ahli diet terdaftar Maya Feller, MS, RD, CDN dari Brooklyn.  Nutrisi Maya Feller ; koki selebriti dan ahli gizi Serena Poon ; dan Edie Horstman dari Camille Styles— untuk mempelajari lebih lanjut tentang kopi, kortisol, dan ritme sirkadian. Saya bahkan mengajukan pertanyaan yang disukai semua pecandu kafein: apakah minum kopi setiap hari bisa menyehatkan?

Apa itu Kortisol?

Sebelum kita berbicara tentang kopi, mari kita bicara tentang kortisol. Sering disebut “hormon stres,” kortisol diproduksi oleh kelenjar adrenal kita, dan berdampak pada banyak sistem di seluruh tubuh.

“Seiring dengan bertanggung jawab untuk mengelola respons stres Anda (dengan demikian nama sehari-harinya), itu juga mengatur ritme sirkadian Anda yang membantu tubuh Anda mengetahui kapan harus tidur dan bangun,” jelas Poon. “Kortisol melonjak di pagi hari ketika Anda bangun dan idealnya berkurang sepanjang hari saat Anda mendekati waktu tidur. Tingkat kortisol yang seimbang penting untuk mendapatkan kualitas tidur yang memulihkan di malam hari.”

Puncak kortisol di pagi hari (biasanya antara jam 8 pagi dan 9 pagi) kemudian naik dan turun sepanjang hari. Ketika stresor eksternal menyebabkannya melonjak, keseimbangan energi alami kita menjadi hilang. “Kortisol dipengaruhi sepanjang hari oleh berbagai stresor dan faktor lingkungan atau gaya hidup,” tambah Horstman.

Menurut Horstman, hal-hal yang dapat menyebabkan lonjakan kortisol di siang hari antara lain:

  • duduk di dalam sepanjang hari
  • makan makanan inflamasi
  • minum lebih dari dua atau tiga cangkir kopi
  • kekurangan karbohidrat yang cukup (terutama pada wanita)
  • gula darah tidak seimbang

Bagaimana Kopi Mempengaruhi Kortisol?

Setiap orang merespons kopi secara berbeda, tetapi ketiga ahli gizi kami sepakat pada satu hal: kafein dapat menyebabkan kortisol sedikit melonjak, meskipun tidak sebanyak seperti stres mental . Peminum kopi biasa juga kemungkinan mengembangkan toleransi, yang menurunkan respons kortisol dari waktu ke waktu.

Kapan Waktu Terbaik Minum Kopi di Siang Hari?

Tampaknya ada aturan umum baru-baru ini bahwa 09:30 adalah waktu utama untuk minum kopi, tetapi satu stempel waktu tertentu tidak cocok untuk semua.

“Jika minum kopi pada saat itu membuat Anda merasa yang terbaik, maka lakukanlah!” kata Poon. “Dalam pekerjaan saya dengan klien, kami berusaha untuk benar-benar mendengarkan pesan yang disampaikan tubuh mereka dan menemukan pola konsumsi kopi yang paling sesuai dengan kebutuhan individu mereka.”

Ahli gizi merekomendasikan untuk memulai jurnal untuk melacak bagaimana perasaan Anda minum kopi pada waktu yang berbeda sepanjang pagi. Catat kerusakan Anda, bagaimana tidur Anda terpengaruh, dan reaksi gelisah apa pun untuk menemukan pola yang disiapkan untuk fokus dan produktivitas.

Apa Alternatif Pagi yang Baik untuk Kopi?

Jika Anda masih ingin membuat sesuatu yang istimewa untuk memudahkan hari Anda, Anda beruntung. Ada banyak alternatif kopi sehat yang sama memuaskannya dengan kopi. Dan bagi mereka yang mungkin sensitif terhadap kafein, Feller menyarankan secangkir teh herbal, yang “ memberikan hidrasi bersama senyawa bioaktif.”

Untuk menambah daftar alternatif kopi itu, Horstman menawarkan latte kunyit, decaf chai, bubuk hijau dengan air kelapa, atau koktail adrenal . Jika Anda tertarik dengan solusi Ayurveda, Poon membagikan ritual pagi yang memuaskan.

“Dalam tradisi Ayurveda, minum segelas air hangat dengan lemon sebagai hal pertama di pagi hari untuk merangsang api pencernaan (atau agni ), yang memberi Anda energi untuk hari itu,” jelas Poon. “Jika Anda mencari cara lain untuk mendapatkan dorongan energi kognitif, latihan singkat juga dapat membantu Anda merasa terjaga dan waspada tanpa stimulasi eksternal dari kafein.”

Haruskah Anda Minum Kopi Dengan Makanan?

Meskipun tidak semua orang akan terpengaruh oleh minum kopi dengan perut kosong, hal itu dapat mendatangkan malapetaka bagi sebagian orang.

“ Minum kopi, dengan perut kosong, pada dasarnya adalah pukulan ganda untuk hormon stres kita,” Horstman berbagi. “ Makan sarapan dulu, mulai dengan teh, atau tambahkan beberapa “buffer” ke kopi Anda: L-theanine, kolagen, krimer, dll.”

Feller memperingatkan agar tidak mengganti kopi untuk sarapan, sementara Poon menganjurkan untuk menambahkan rempah-rempah yang mendukung kesehatan ke kopi Anda, termasuk kayu manis, pala, dan kakao.

Bolehkah Minum Kopi di Sore Hari?

Pada akhirnya, yang terbaik adalah menghindari kopi di sore hari.

“Saya biasanya meminta klien saya untuk mencoba menghindari kopi sore untuk mendukung siklus tidur yang memulihkan,” kata Poon. “Kafein memiliki waktu paruh sekitar lima jam dan efeknya dapat dirasakan hingga 9,5 jam, jadi Anda sebaiknya minum kopi setidaknya lima jam sebelum tidur. Saya biasanya merekomendasikan agar klien saya mendapatkan kopi mereka sebelum jam 10 pagi”

Horstman setuju bahwa yang terbaik adalah menghindari kopi setelah jam makan siang, tetapi mencatat bahwa setiap orang memetabolismenya secara berbeda .

Jika Anda mencari dorongan sore yang lebih lembut, pertimbangkan beberapa alternatif kopi favorit kami , termasuk matcha , yang sarat dengan manfaat yang membantu membenarkan kafeinnya.

Bolehkah Minum Kopi Setiap Hari?

Saya sangat senang mendengar ya! di seluruh papan ketika datang ke manfaat kesehatan dari kopi setiap hari.

“ Kopi menyediakan salah satu antioksidan dalam jumlah paling signifikan dalam pola makan standar Amerika,” kata Feller. Penelitian telah menunjukkan bahwa minum kopi dapat mengurangi risiko stroke, demensia, dan depresi serta mengurangi risiko penyakit Parkinson. Kopi, hingga tingkat sekitar 300 hingga 400 miligram per hari, telah terbukti aman dan sehat .”

Mengingat bahwa efek kopi sangat pribadi, mungkin akan membantu untuk mengambil pendekatan holistik terhadap konsumsi kopi. “ Jika klien saya sudah mengalami stres kronis atau minum kopi dengan cara yang mengganggu tidur mereka, maka kami biasanya bekerja untuk membatasi konsumsi kafein,” tambah Poon.

Leave a Response