Kesehatan

Mengatasi Gula Darah Tinggi Tanpa Obat ini 5 Caranya

49views

Beberapa faktor dapat mengganggu pengelolaan gula darah dan menyebabkan hiperglikemia atau gula darah tinggi. Faktor internal gula darah tinggi adalah hati memproduksi terlalu banyak glukosa, tubuh membuat terlalu sedikit insulin, dan tubuh tidak dapat menggunakan insulin secara efektif. Sedangkan faktor eksternal meliputi pilihan makanan, obat-obatan tertentu, gaya hidup tidak sehat, dan stres.

Cara mengatasi gula darah tinggi tanpa obat

Ada beberapa cara untuk mengatasi gula darah tinggi secara alami. Dilansir dari Healthline, berikut 5 cara mengatasi gula darah tinggi tanpa obat:

  1. Berolahraga secara teratur

Olahraga teratur dapat membantu mencapai dan mempertahankan berat badan yang moderat dan meningkatkan sensitivitas insulin.

Peningkatan sensitivitas insulin berarti sel dapat lebih efektif menggunakan gula yang tersedia dalam aliran darah. Olahraga juga membantu otot menggunakan gula darah untuk energi dan kontraksi otot.

Jika Anda memiliki masalah dengan gula darah, sebaiknya periksakan kadar gula darah Anda secara rutin sebelum dan sesudah berolahraga.

  1. Mengatur asupan karbohidrat

Asupan karbohidrat sangat mempengaruhi kadar gula darah. Tubuh memecah karbohidrat menjadi gula, terutama glukosa. Kemudian, insulin membantu tubuh menggunakan dan menyimpannya untuk energi.

Ketika Anda makan terlalu banyak karbohidrat atau memiliki masalah dengan fungsi insulin, proses ini gagal, dan kadar glukosa darah Anda meningkat. Oleh karena itu, American Diabetes Association (ADA) menganjurkan agar penderita diabetes mengatur asupan karbohidrat dengan menghitung jumlah karbohidrat dan mengetahui berapa banyak yang dibutuhkan.

Banyak penelitian menunjukkan bahwa makan makanan rendah karbohidrat membantu mengurangi kadar gula darah dan mencegah lonjakan gula darah.

  1. Makan lebih banyak serat

Serat memperlambat pencernaan karbohidrat dan penyerapan gula, sehingga meningkatkan kadar gula darah secara bertahap. Ada dua jenis serat, yaitu serat tidak larut dan serat larut. Sementara keduanya penting, serat larut telah secara eksplisit terbukti meningkatkan manajemen gula darah, sedangkan serat tidak larut belum terbukti memiliki efek ini.

Makanan tinggi serat dapat meningkatkan kemampuan tubuh untuk mengatur gula darah dan meminimalkan penurunan gula darah. Makanan tinggi serat juga dapat membantu mengelola diabetes tipe 1 dengan lebih baik.

  1. Minum air putih yang cukup

Minum air yang cukup dapat membantu menjaga kadar gula darah yang sehat. Selain mencegah dehidrasi, minum air putih yang cukup dapat membantu ginjal membuang kelebihan gula melalui urin.

Satu tinjauan studi observasional menunjukkan bahwa orang yang minum lebih banyak air memiliki risiko lebih rendah terkena kadar gula darah tinggi.

  1. Konsumsi makanan dengan indeks glikemik rendah

Indeks glikemik (GI) mengukur seberapa cepat karbohidrat terurai selama pencernaan dan seberapa cepat tubuh menyerapnya. Jumlah dan jenis karbohidrat yang dikonsumsi menentukan bagaimana makanan mempengaruhi kadar gula darah.

Secara khusus, makan makanan rendah GI telah terbukti mengurangi kadar gula darah pada penderita diabetes. Beberapa contoh makanan GI rendah termasuk yogurt Yunani tanpa pemanis, dan biji-bijian.

Leave a Response