Gaya Hidup

Saya Beralih ke Diet Pegan dan Saya Tidak Pernah Merasa Lebih Baik—Inilah Kelebihan dan Kekurangannya

15views

Seperti banyak orang, saya tidak selalu tahu apa yang harus dimakan. 10 tahun terakhir (karir pasca-tenis) sangat sulit. Saya sudah mencoba  vegan , Mediterania, Whole30, paleo… dan tidak ada sama sekali. Harapan saya adalah menemukan homeostasis. Saya ingin merasa baik, tampil baik, dan menjaga kesehatan yang optimal. Saya yakin entitas tersebut terlihat berbeda untuk semua orang dan di dunia yang penuh dengan makanan olahan dan godaan berbahaya, sulit untuk tetap berada di jalurnya. Sulit untuk menemukan apa yang cocok untuk  Anda . Itu sebabnya saya menyukai pengalaman saya tentang diet pegan.

Saya keluar dari kontrol kelahiran Juli lalu. Saya menjalani pengobatan selama lebih dari satu dekade, dan sejak menyerah, saya mengalami gejala yang belum pernah saya alami sebelumnya. OBGYN saya meminta saya menjelajahi pergeseran nutrisi dan akupunktur. Saya juga bekerja dengan ahli gizi yang praktiknya berakar pada diet makro . Kami memastikan saya mengonsumsi jumlah makronutrien yang tepat untuk riasan fisik saya sambil memasukkan makanan asli dan utuh yang termasuk dalam diet pegan.

Yang paling saya sukai dari diet pegan adalah sebagian besar intuitif dan lebih fokus pada apa yang Anda konsumsi daripada apa yang Anda batasi; mencapai kesehatan yang optimal daripada menurunkan berat badan; menggabungkan makanan yang Anda sukai daripada merasa bersalah karena “jatuh dari jalur”.

Itu telah mendorong saya untuk benar-benar memindai bagaimana perasaan saya sebelum, selama, dan setelah saya makan sehingga suatu hari, pilihan saya otomatis dan didasarkan pada satu tujuan: untuk merasa baik.

Di bawah ini saya telah menguraikan diet pegan, apa itu, dan mengapa itu bisa menjadi pilihan yang sempurna untuk Anda. Beri tahu kami jika Anda telah menjelajahi cara makan ini di bagian komentar dan jika demikian, beri tahu kami resep favorit Anda!

Catatan editor: Kisah ini didasarkan pada pengalaman pribadi saya dan penelitian tentang diet pegan. Silakan berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi Anda sebelum beralih diet Anda untuk memastikan rencana ini bekerja untuk Anda dan tujuan kesehatan Anda.

Apa itu diet pegan?

Secara sederhana, “P” adalah singkatan dari paleo dan “egan” adalah singkatan dari vegan. Ini bisa menjadi pemusnah pikiran karena pertama, ada banyak pendapat berbeda tentang apa yang dapat Anda konsumsi dalam diet Paleo (pada dasarnya makanan yang mendahului pertanian), dan kedua… vegan tidak mengonsumsi apa pun yang berasal dari produk hewani atau produk sampingan. Diet Pegan adalah perpaduan dari keduanya.

Ini mungkin tampak seperti cara makan yang dikotomis, tetapi ada prinsip yang mendasarinya: makanlah makanan yang benar-benar utuh . Ini tidak jauh dari cara makan populer lainnya seperti diet Mediterania atau Whole30 . Dan ini adalah representasi sempurna dari salah satu kutipan favorit saya tentang makan:

“Makan makanan, jangan terlalu banyak, kebanyakan tanaman.”

Jadi … apa yang kamu makan?

  • TANAMAN. Disarankan bahwa setidaknya setengah dari piring Anda terdiri dari sayuran. Apakah kata ‘tanaman’ dan ‘sayuran’ dapat dipertukarkan … semoga berhasil menemukan jawaban yang solid.
  • Dengan itu, buah-buahan dan sayuran. Anda ingin memasukkan warna yang dalam dan banyak variasi; sangat penting untuk makan buah dan sayuran yang menurut  Anda  enak; ingat, agar kebiasaan tetap bertahan, buatlah itu menarik!
  • Daging yang diberi makan rumput dan/atau dipelihara secara berkelanjutan. Memang, rute yang lebih mahal namun dalam jangka panjang Anda memasukkan lebih banyak makanan murni ke dalam tubuh Anda dan jauh lebih sedikit. Murah itu mahal.
  • Kacang-kacangan dan biji-bijian. Saya menjaga lemak minimal (55 gram sehari) karena saya telah menemukan bahwa diet tinggi lemak tidak bekerja untuk saya, tetapi kita semua dibangun secara berbeda. Lakukan apa yang berhasil untuk Anda!
  • Telur . Ini adalah sumber protein yang luar biasa dan sangat serbaguna.
  • Ikan. Targetkan dua kali seminggu. Dr Hyman menyarankan merkuri rendah.
  • Rendah gula, tepung, dan semua jenis karbohidrat olahan.

Secara pribadi, seperti yang disebutkan, saya telah kembali ke akar atletik saya dan menggabungkan ideologi pegan dengan diet yang berfokus pada makro. Oleh karena itu saya beralih di luar pedoman ini dengan membatasi kacang-kacangan, meningkatkan protein saya, atau membatasi makanan dari waktu ke waktu. Selama saya merasa baik dan bersemangat, saya berada di jalur yang benar.

Makanan apa yang Anda hindari?

  • susu. Meskipun saya masih makan yogurt Yunani tanpa lemak.
  • biji-bijian. Jika Anda memang makan biji-bijian, pilihlah yang bebas gluten seperti beras merah, gandum, dan quinoa.
  • Kacang polong. Mereka adalah sumber nutrisi yang baik, namun karena lektin di kulit mereka, kacang dapat menyebabkan peradangan . Secara pribadi, seperti banyak orang lain, mereka menyajikan masalah pencernaan. Beberapa profesional medis mengatakan bahwa konsumsi moderat tidak apa-apa. Dr. Gundry telah menulis banyak tentang lektin dan makanan mana yang harus dihindari  tetapi jika Anda akan makan kacang, pastikan kacang tersebut telah direndam semalaman, dibilas dengan baik, dan dimasak dengan tekanan—itu tidak akan menghilangkan semua lektin tetapi akan sangat mengurangi mereka.
  • Gula. Anda tidak membutuhkannya. Tetapi  jika Anda memiliki keinginan, temukan cara untuk memenuhinya. Semakin Anda menahan, semakin besar kemungkinan Anda untuk bangkit kembali dengan kekuatan penuh. Pertimbangkan suguhan sesekali.

Apa saja manfaatnya?

  • Lebih banyak serat dan zat gizi mikro dalam makanan Anda
  • Membantu menstabilkan gula darah
  • Mengurangi dampak dampak lingkungan negatif dengan mengurangi daging dan mendorong daging yang dibesarkan secara berkelanjutan
  • Lebih banyak keseimbangan dan fleksibilitas daripada diet mode lainnya. Jauh lebih mudah untuk berkomitmen untuk makan dalam keadaan mengalir dan akan menghasilkan lebih banyak perhatian dan intensionalitas.
  • Mendorong Anda untuk mendengarkan biologi Anda, daripada berfokus pada ideologi. Advokat untuk personalisasi sehingga Anda dapat memenuhi kebutuhan unik Anda.

Apa kerugiannya?

  • Meskipun tidak terlalu ketat dibandingkan diet lainnya, diet ini tetap memiliki aturan. Jika Anda tidak terbiasa dengan program seperti Peganism, Anda mungkin merasa sulit dan frustasi untuk mengikutinya.
  • Beberapa penelitian menunjukkan bahwa biji-bijian, susu, dan kacang-kacangan bermanfaat untuk kesehatan total.
  • Lebih sulit dalam situasi sosial seperti pertemuan atau makan di restoran. Frustrasi berpotensi menyebabkan kelelahan.
  • Jika Anda memutuskan untuk pergi ekstrim, itu bisa mahal. Daging kelas atas dan pasar petani bisa menjadi mahal. Tapi jujur… mungkin hanya memotong burung unta yang dipelihara secara lestari?

Mengapa saya melakukan dan tidak merekomendasikan diet pegan

Satu-satunya alasan saya tidak akan merekomendasikan diet pegan adalah jika itu tidak sesuai dengan riasan fisik Anda. Jika Anda menemukan bahwa ada kelompok makanan yang Anda butuhkan yang tidak tercantum dalam diet ini, jangan lakukan itu. Jika tidak, saya merekomendasikan Peganisme. Ini melibatkan akal sehat, lebih sedikit kerumitan, nutrisi padat, dan cara makan yang sadar iklim.

Diet Pegan akan mengingatkan Anda bahwa makanan adalah obat. Ini dimaksudkan untuk memberi Anda bahan bakar dengan cara yang memperkaya.

Salah satu pertanyaan favorit saya yang diajukan Dr. Hyman yang dapat Anda tanyakan pada diri sendiri saat makan adalah: Apakah ini akan meningkatkan atau menurunkan kesehatan saya? Ini lebih tentang apa yang Anda tambahkan daripada apa yang Anda ambil. Diet Pegan kemungkinan akan secara positif memengaruhi mikrobioma Anda, sistem kekebalan Anda, sistem detoksifikasi Anda, hormon Anda, dan kimia otak Anda.

Leave a Response