Gaya Hidup

4 Cara untuk Mendukung Teman yang Negatif

17views

Kita semua memiliki Debbie Downer dalam hidup kita—rekan kerja yang selalu mengeluh, teman negatif yang merasa dunia berusaha untuk mendapatkannya, atau anggota keluarga yang berpikir bahwa mereka tidak akan pernah bisa memenuhinya. Spiral negatif yang menjebak bisa melelahkan dan merusak diri sendiri bahkan untuk yang paling positif di antara kita.

Saya hampir harus memutuskan hubungan dengan salah satu BFF saya karena sepertinya di mana pun kami berada atau apa yang kami lakukan, hal-hal negatif selalu keluar. Butuh beberapa waktu bagi saya untuk menyadari bahwa cara saya mencoba membantu pada dasarnya sama dengan mengipasi bara panas.

Dengan pergeseran perspektif dan beberapa saran dari para ahli, saya dapat mempersenjatai diri dengan alat untuk menanganinya dengan sukses. Jika Anda merasa takut berada di dekat seseorang yang selalu kesal, kritis, marah, atau kasar, berikut adalah empat hal utama yang perlu diingat ketika berhadapan dengan teman yang negatif sehingga Anda dapat menjaga kedamaian dan kewarasan Anda.

1. Tahan keinginan untuk menghakimi

Orang negatif umumnya tidak melihat diri mereka seperti itu. Dalam pikiran mereka, dunia adalah yang negatif, dan mereka hanya menanggapinya. Juga, sesuatu mungkin terjadi di balik pintu tertutup yang tidak Anda sadari, jadi cobalah untuk penasaran dan tidak menghakimi dalam pendekatan Anda. Negatif dapat menyamarkan teriakan minta tolong. Mungkinkah orang ini cemas , tidak aman, atau berurusan dengan bagian hidup yang menakutkan yang belum pernah mereka temui? Jika demikian, sadari bahwa ini bisa menyakitkan, dan mereka mungkin tidak memiliki dukungan yang dapat diandalkan. Selalu lebih mudah untuk menawarkan belas kasih kepada seseorang jika Anda mencoba menempatkan diri Anda pada posisi mereka.

2. Jangan biarkan emosi menguasai diri Anda.

Ketika seseorang membuat Anda frustrasi atau mengganggu Anda, selalu tarik  napas dalam-dalam  sebelum Anda bereaksi. Jika Anda kesal, mungkin lebih baik untuk berdiskusi nanti saat Anda sudah lebih tenang. Saat itu, Dr. Judith Orlff , penulis buku Emotional Freedom: Liberate Yourself From Negative Emotions and Transform Your Life , mengatakan tiga hal ini adalah kunci untuk mendukung orang ini:

1. Fokus hanya pada solusi, bukan masalah.

2. Jadilah pendengar yang baik dan perhatikan kecenderungan Anda untuk menyela, bahkan jika Anda tidak setuju.

3. Waspadai nada dan bahasa tubuh Anda, karena orang-orang yang negatif dapat tertarik pada orang lain yang bereaksi keras.

Jika Anda menjadi defensif dan membiarkan emosi memicu situasi, orang ini akan segera menyadari bahwa mereka dapat bergantung pada Anda untuk respons yang membenarkan negativitas mereka. Dalam kasus saya, ketika saya benar-benar menggigit lidah saya mencoba untuk tidak bereaksi terhadap kata-kata kasar negatif teman saya, saya mengindahkan saran Dr. Orlff dan mengambil napas dalam-dalam (atau 10), dan mengingatkan diri sendiri bahwa yang terbaik adalah berempati dengan perjuangannya daripada memberi makan ke dalamnya. Ini membantu saya menjadi suportif dari tempat yang jauh dari kekuatan batin dan kebaikan.

3. Tetapkan dan Pertahankan Batas Positif

Menetapkan dan mempertahankan batasan sangat penting untuk hubungan yang sehat dengan orang lain dan diri kita sendiri. Ketika seseorang bertindak dengan cara yang membuat Anda merasa tidak nyaman atau kesal, kemungkinan besar mereka melewati batas, dan terserah kepada kita untuk memutuskan bagaimana melindungi diri kita sendiri . Tentu saja, menetapkan batasan lebih mudah diucapkan daripada dilakukan, terutama dengan seseorang yang Anda cintai. Awalnya, saya merasa bersalah dan takut dengan tanggapan teman saya. Kemudian saya mengingatkan diri sendiri bahwa saya tidak bisa mengubah orang; mereka harus mau dan terbuka untuk mengubah diri mereka sendiri.

Sulit untuk mengambil jalan yang tinggi dan menciptakan jarak—kita manusia, dan diajarkan untuk mencintai dan selalu ada untuk satu sama lain. Namun terkadang, “dukungan” yang kita berikan akhirnya memampukan perilaku tersebut, dan menguras kita hingga garis ‘E’ merah. Batas bukan hanya tanda hubungan yang sehat; mereka adalah tanda harga diri.

Beri diri Anda izin untuk mengenakan masker oksigen Anda sendiri terlebih dahulu—tetapkan batasan, dan tetap berpegang pada senjata Anda. Terkadang, diam adalah cara terbaik untuk membuat orang benar-benar mendengar diri mereka sendiri.

4. Tanyakan pada Diri Anda: Apa Manfaatnya Bagi Saya?

Dikatakan bahwa definisi kegilaan adalah melakukan hal yang sama berulang-ulang, dan mengharapkan hasil yang berbeda. Lain kali Anda mendapati diri Anda dengan enggan ditarik kembali ke orang ini, lakukan pemeriksaan mental dan tanyakan pada diri sendiri mengapa Anda secara sukarela terus kembali. Apakah Anda berfokus pada mereka karena itu adalah pengalih perhatian dari masalah atau rasa tidak aman Anda sendiri? Atau, apakah Anda mencoba membuat orang ini berbicara sehingga Anda memiliki sesuatu yang baru untuk digosipkan saat makan siang hari Minggu?

Dr. Travis Bradberry , penulis Emotional Intelligence 2.0 mengatakan, “Ketika berbicara tentang orang-orang beracun, terpaku pada betapa gila dan sulitnya mereka memberi mereka kekuasaan atas Anda. Berhentilah berpikir dan berbicara tentang betapa menyusahkan orang sulit Anda, dan fokuslah pada bagaimana Anda bisa menanganinya. Ini membuat Anda lebih efektif dengan membuat Anda memegang kendali.”

Terkadang, kita tanpa sadar mempertahankan hubungan negatif atau beracun untuk keuntungan egois kita sendiri. Dengan membiarkan hal ini terjadi, kita menyerahkan semua kendali atas batas-batas kita. Untuk mendukung orang lain dengan sebaik-baiknya, pertama-tama kita harus menjadi versi terbaik dari diri kita sendiri.

Pikiran terakhir…

Lain kali orang negatif melampiaskannya kepada Anda, ingatlah untuk mengendalikan apa yang Anda bisa, dan singkirkan apa yang tidak bisa Anda kendalikan. Semoga orang ini mau berubah suatu hari nanti. Sampai saat itu, kita dapat terus datang dari tempat kasih sayang dan pengertian, sambil cukup mencintai diri kita sendiri untuk memenuhi kebutuhan kita. Hal terbaik yang dapat Anda lakukan adalah menerima mereka apa adanya, biarkan mereka tahu bahwa Anda percaya pada kemampuan mereka untuk bahagia, dan beri mereka ruang untuk membuat pilihan.

Leave a Response