Gaya Hidup

Ini 5 Cara Atasi Overthinking Biar Tidak Berdampak Negatif

43views

Khawatir dan terlalu banyak berpikir atau terlalu banyak berpikir adalah bagian dari pengalaman manusia. Namun, jika dibiarkan, dapat berdampak negatif bagi kesehatan fisik dan mental. Kabar baiknya adalah bahwa ada hal-hal yang dapat Anda lakukan untuk meredakan atau mengatasi overthinking. Jika metode ini tidak memberikan perbaikan, Anda harus berkonsultasi dengan profesional untuk perawatan lebih lanjut.

Cara mengatasi overthinking Dilansir dari Healthline, berikut 5 cara mengatasi overthinking:

  1. Sadari bagaimana Anda menanggapi pikiran Anda

Cara berpikir seseorang dapat berada dalam siklus perenungan atau pemikiran yang berulang-ulang. Jika Anda mendapati diri Anda terus-menerus membicarakan hal-hal tertentu dalam pikiran Anda, perhatikan bagaimana hal itu memengaruhi suasana hati Anda. Apakah Anda merasa kesal, bingung, atau sedih? Apa emosi utama di balik pikiran itu? Jadi, memiliki kesadaran diri adalah kunci untuk mengubah pola pikir.

  1. Temukan pengalih perhatian

Atasi overthinking dengan melakukan aktivitas yang Anda sukai.

Tentu saja, ini bisa berbeda untuk setiap orang. Namun, memilih untuk terlalu memikirkan aktivitas yang Anda sukai akan berdampak positif.

  1. Tarik napas dalam-dalam

Nasihat yang satu ini mungkin terdengar sederhana, tetapi dapat membuahkan hasil. Jika Anda mendapati diri Anda melamun dan terlalu banyak berpikir, tutup mata Anda dan tarik napas dalam-dalam.

  1. Meditasi

Meningkatkan olahraga teratur adalah cara yang terbukti secara ilmiah untuk membantu menjernihkan pikiran Anda. Padahal, hanya 5 menit berolahraga di tempat yang tenang bisa memberikan efek positif.

  1. Perhatikan sudut pandang lain

terkadang, pikiran membutuhkan upaya untuk melangkah keluar dari perspektif Anda yang biasa. Cara Anda melihat dunia dibentuk oleh pengalaman, nilai, dan asumsi hidup. Membayangkan sesuatu dari sudut pandang yang berbeda dapat membantu memecahkan beberapa masalah dalam pikiran Anda.

Leave a Response